cara memerah asi

CARA MEMERAH ASI AGAR MENDAPATKAN ASI YANG BANYAK

Bekerja di luar rumah sejatinya bukanlah penghalang guna memberikan ASI eksklusif untuk si kecil. Ketika masa cuti melahirkan telah selesai, banyak ibu yang mencari cara memerah ASI yang baik, sebab ingin memenuhi persediaan ASI Perah (ASIP) untuk si kecil. ASI Perah dapat diperoleh dengan 2 cara, yaitu memerah dengan tangan atau menggunakan pompa ASI. Pompa ASI pun ada 2 macam, yaitu pompa manual dan elektrik. Memompa ASI merupakan suatu keterampilan, sama halnya seperti menyusui. Nah, berikut ini adalah beberapa tips cara memerah ASI agar keluar banyak serta membantu merangsang refleks ASI, tidak membuat puting sakit, dan yang pasti membuat anda nyaman.

  • Buatlah jadwal rutin memompa ASI

Anda dapat menciptakan rutinitas memompa ASI yang paling efektif. Ibu menyusui tentu saja dapat memompa ditempat yang sama, misalnya pada ruangan yang sudah anda pilih atau disediakan di sela-sela aktivitas kantor serta dengan perlengkapan memompa ASI. Buat diri anda rileks serta merasa nyaman dan perbanyak konsumsi air putih.

  • Cobalah melakukan pijatan selama beberapa menit sebelum memompa ASI.

Mulailah pada bagian ketiak dengan menggunakan ujung jari tangan berlawanan arah, kemudian anda dapat membuat lingkaran kecil di jaringan payudara pada satu tempat. Kemudian pindahkan tangan anda sedikit demi sedikit dan lakukan pada bagian lainnya. Anda dapat memulai pada bagian sekitar payudara dan secara bertahap ke arah areola dalam pola spiral. Kemudian pijatlah bagian payudara yang lainnya. Apabila aliran ASI melambat selama sesi memompa, anda dapat kembali memijat beberapa menit. Ini merupakan cara memerah ASI terbaik yang dapat dilakukan sehingga ASI perah dapat terkumpul dengan banyak. Beberapa ibu menyusui seringkali kesulitan saat memompa ASI akan tetapi apabila rutin melakukan pijatan ringan pada area payudara, maka kesulitas tersebut dapat diatasi.

  • Buat Pikiran Anda Tenang dan Rileks

Tips cara memerah ASI selanjutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih serta membuat tubuh anda merasa nyaman. Hal ini tentu saja dapat dilakukan degan cara yang beragam. Cari kegiatan atau aktifitas yang anda sukai sehingga anda dapat merasa nyaman. Mendengarkan musik, menonton film favorit atau hal lainnya.

  • Gunakan alat pompa ASI Perah

Bagi sebagian ibu, terkadang memompa dengan tangan memiliki kesulitan tersendiri, seperti puting lecet, atau rasa sakit saat memompa. Oleh sebab itu cobalah gunakan pompa ASI guna membantu mengurangi rasa sakit tersebut.

cara memerah asi

Nah, setelah tips cara memerah ASI diatas, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara memerah ASI dengan tangan dan juga cara memerah ASI menggunakan pompa ASI.

Cara memerah ASI dengan tangan

  1. Cuci tangan menggunakan sabun.
  2. Kompres payudara dengan handuk lembut yang hangat.
  3. Siapkan wadah dan kain lap bersih di bawah payudara.
  4. Perah asi dengan arah usapan ke puting, lakukan secara berulang-ulang hingga ASI keluar.

Cara memerah ASI dengan alat pompa manual atau elektrik

  1. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih.
  2. Cucilah botol penyimpanan ASI serta bagian-bagian pompa ASI dengan air panas dan sabun, bilas bersih kemudian sterilkan.
  3. Kompres payudara dengan handuk hangat sambil berikan pijatan dengan arah menuju puting.
  4. Kemudian posisikan alat pompa pada puting payudara.
  5. Dan biarkan pompa bekerja hingga botol penuh sesuai dengan keinginan.

Nah, itulah tadi beberapa tips memerah ASI dan juga cara memerah ASI agar menghasilkan ASI yang banyak. Semoga dapat bermanfaat, ya!

 

Baca Juga :  5 Bedak Bayi Pengganti Salep Biang Keringat pada Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *