cara memperbanyak asi

Tips Cara memperbanyak ASI Secara Alami

Sesudah melahirkan rasa gugup ibu karena nunggu detik-detik melairkan sudah terlewati, namun rasa was-was baru muncul yaitu pada saat pemberian ASI, ibu akan berpikir dapatkah memberikan ASI yang cukup untuk kebutuhan buah hati, bagi ibu yang baru pertama kali punya bayi terkadang produksi ASI sedikit ini bisa disebabkan juga karena faktor genetik atau hormon bahkan tingkat stres ibu. Banyak ibu memilih untuk mengkonsumsi  suplemen atau makanan yang dinilai dapat memacu produksi ASI, tapi terkadang banyak ibu yang masih bingung bagaimana cara memperbanyak ASI agar tercukupi namun juga aman untuk di konsumsi pada saat menyusui. Ada beragai macam cara memperbanyak ASI yang bisa ibu lakukan setelah melahirkan. Berikut tips cara memperbanyak ASI.

Cara memperbanyak ASI harus dilakukan dengan tekad dan usaha yang kuat serta hindari stres dan menjaga waktu istirahat yang cukup usahakan perhatikan kualitas tidur agar ASI tidak berkurang. Meminum air putih yang cukup juga merupakan cara memperbanyak ASI yang harus dilakukan ibu, usahakan juga untuk sering menyusui dan memerah ASI  setiap 2 jam sekali dengan waktu setidaknya 20 menit atau sampai ASI sudah tidak keluar. Lakukan pemijatan ada payudara ibu dengan perlahan sebagai cara memperbanyak ASI yang dapat ibu lakukan setiap hari. Memperhatikan asupan ibu dan jauhi rokok, kopi, dan alkohol agar kualitas ASI terjamin.

Selain memperhatikan hal diatas, cara memperbanyak ASI juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menunjang produksi ASI, yang bukan hanya sebagai cara memperbanyak ASI  juga bisa menjga kualitas nutrisi pada ASI. Berikut beberapa makanan yag dapat ibu konsumsi:

cara memperbanyak asi

  1. Kurma, buah satu ini terkenal sangat banyak memiliki manfaat, rasa manisnya juga disukai berbagai kalangan bisa dikonsumsi langsung atau menjadi bahan tambahan makanan dan minuman yang menyehatkan. Kandungan zat besi dan kalium dalam buah ini juga sangat membantu dalam menambah produksi ASI.
  2. Daun katuk, daun ini sudah sangat terkenal sebagai makanan penambah ASI mengandung protein lebih banyak yang sangat diperlukan ASI.
  3. Ikan, memiliki kandungan DHA untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi bahkan membantu dalam memperbanyak ASI ibu. Salah satu jenis ikan yang dapat dipilih adalah ikan salmon, sebaiknya pilih ikan yang segar untuk dikonsumsi.
  4. Kacan-kacangan, merupakan salah satu cara memperbanyak ASI yang bisa ibu coba, kandungan zat besi dan kadar protein non hewni yang tinggi dapat merangsang produksi ASI lebih banyak.
  5. Daging sapi, memiliki kandungan zat besi, protein serta vitamin B12, daging merupakan pilihan tepat untuk ibu konsumsi daging sapi bisa dilakukan setidaknya 3 kali seminggu atau lebih.
  6. Sup, sup merupakan salah satu makanan yang bisa menjadi pilihan cara memperbanyak ASI  yang bisa ibu pilih, dengan membuat kaldu dari ikan atau daging dan juga sayur yang dapat menambah kandungan zat besi, vitamin, dan serat yang lengkap untuk bayi. Sebaiknya kosumsi air sup karena merupakan kaldu yang paling berpengaruh dalam produksi ASI.
  7. Jinten hitam, terkenal dengan banyaknya manfaat bagi tubuh memiliki kandungan lemak yang baik untuk memperlancar produksi ASI,  dan dapat bermanfaat untuk menghindari terjadinya penyumbatan yang dapat menyakibatkan payudara membengkak. Jinten hitam juga berpengaruh untuk menjaga kesehatan ibu bahkan minyak dari jinten hitam bisa digunakan untuk pemijatan payudara.

Itu semua tips yang dapat ibu lakukan untuk dapat memperbanyak produksi ASI, lakukan dengan tekad yang kuat dan rutin, jangan menyerah untuk memberi nutrisi terbaik untuk bayi ibu agar pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat optimal.

Baca Juga :  5 Bedak Bayi Pengganti Salep Biang Keringat pada Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *